Sabtu, 25 April 2015

Anak Berkebutuhan Khusus

ABK
Halo kawan. Berikut ini adalah Chirpstory dari akun twitter kami @FA_KulonProgo tentang Anak Berkebutuhan Khusus. Silakan disimak ya. Semoga bermanfaat :)
  1. mimin mau serius nih #lagiserius
  2. kalo gak ada yang ndengerin gak jadi ah #lagiserius
  3. mimin mau ngasih sedikit info tentang #ABK nih #lagiserius
  4. bener nih gak ada yang mau ndengerin #lagiserius nya mimin :(
  5. oke #lagiserius mulai :*
  6. Masih ada gak diantara kita yang masih suka ngejekin #ABK ? #lagiserius
  7. Mereka ada disekitar kita dan mereka setara dengan kita #ABK #lagiserius
  8. #ABK tidak menggantikan istilah Anak Penyandang Cacat atau Anak Luar Biasa tetapi maknanya lebih luas dan positif #lagiserius
  9. Namun #ABK tidak hanya tentang kekurangan dan ketidakmampuan #ABK juga mereka yang mempunyai kelebihan dan bakat lebih #lagiserius
  10. Pada intinya mereka membutuhkan kebutuhan dan penanganan khusus namun dengan harkat dan martabat yang setara #lagiserius #ABK
  11. #ABK mencakup anak yang memiliki kebutuhan khusus yang bersifat permanen maupun temporer #lagiseruis
  12. Permanen akibat kecacatan tertentu yang menetap bisa juga karena faktor genetis #ABK #lagiserius
  13. Temporer bisa akibat dari bencana, trauma, perlakuan yang salah. Nah hati-hati dengan perlakuan salah #ABK #lagiserius
  14. #ABK temporer jika tidak mendapat penanganan yag tepat bisa menjadi permanen #lagiserius
  15. Mengenai #ABK menyangkut istilah Impairment, Disability, dan Handicap #ABK #lagiserius
  16. Impairment yaitu berhubungan dengan penyakit dan kelainan pada jaringan #ABK #lagiserius
  17. Disability berhubungan dengan kekurangan atau kesalahan fungsi atau tidak adanya bagian tubuh tertentu #ABK #lagiserius
  18. Handicap yaitu kelainan dan ketidakmampuan untuk berhubungan dengan lingkungan #ABK #lagiserius
  19. Hambatan belajar yang dialami oleh #ABK meliputi faktor lingkungan, faktor dari dalam diri, maupun keduanya #ABK #lagiserius
  20. Oleh karena itu layanan pendidikan didasarkan atas hambatan belajar dan kebutuhan masing-masing anak (Alimin : 2005) #ABK #lagiserius
  21. Faktor lingkungan menyangkut penerimaan oleh masyarakat, fasilitas, maupun SDM #ABK #lagiserius
  22. Dalam dunia pendidikan #ABK ada 2 kelompok (1) Masalah dalam SensoriMotor (2) Masalah dalam belajar dan tingkah laku #lagiserius
  23. Masalah sensorimotor meliputi (1) Hearing Disorder/tunarungu (2) Visual Impairment/tunanetra (3) Cacat fisik/tunadaksa #lagiserius #ABK
  24. Gangguan belajar dan sikap (1) Intellectual Disability/keterbelakangan mental (2) Learning Disability/Ketidakmampuan belajar #lagiserius
  25. (3) Behaviors Disorder/anak nakal/tunalaras (4) Gifted and talented /anak berbakat #ABK #lagiserius
  26. Penyebabnya bisa terjadi sebelum kelahiran (pra natal), saat kelahiran, maupun pasca kelahiran #ABK #lagiserius
  27. Tidak diterimanya dalam pergaulan anak-anak #ABK bisa oleh orang dewasa maupun bahkan oleh anak-anak #lagiserius
  28. Kemudian masalah yang ada dalam masyarakat tentang #ABK juga terjadi dalam pergaulan #lagiserius
  29. Bahkan terkadang ada orang tua yang tidak memerima keadaan anaknya sediri #ABK #lagiserius
  30. #ABK masih sering sering tersubordinasi. Masih menjadi subjek kelas kedua #lagiserius
  31. #ABK masih terdiskriminasi. Masih ada hak mereka yang belum terpenuhi. Lihat saja fasilitas umum penunjang #ABK #lagiserius
  32. #ABK masih sering mendapat labelling/cap yang negatif dalam masyarakat dan pergaulan. Bahkan sesama anak #lagiserius #ABK
  33. Isu permasalahan tentang #ABK belum sekencang isu anak yang lain #lagiserius
  34. Mungkin kita perlu tahu isi Deklarasi Hak Asasi Manusia Penyandang Cacat #lagiserius #ABK
  35. 1) Hak untuk mendidik dirinya ( The Right to Education One Self) #ABK #lagiserius
  36. (2) Hak untuk pekerjaan atau profesi (The Right to Occupation or Profession) #ABK #lagiserius
  37. (3) Hak untuk memeliharan kesehatan dan fisik secara baik (The Right to Maintain Health dan Physical Well Being) #ABK #lagiserius
  38. (4) Hak untuk hidup mandiri (The Right to Independet Living) #ABK #lagiserius
  39. (5) Hak untuk kasih sayang (Right to Love) #ABK #lagiserius
  40. Nah itu tadi beberapa gambaran yang sangat umum mengenai #ABK dan keadaannya di sekitar kita #lagiserius
  41. “EDUCATION SHOULD TRAIN THE CHILD TO USE HIS BRAIN, TO MAKE FOR HIM SELF A PLACE IN THE WORLD” HELLEN KELLER #lagiserius #ABK
  42. “Setiap anak adalah istimewa, Bagaimanapun keadaanya. Pola asih dan komunikasi yang tepat akan membuat lebih istimewa” #lagiserius #ABK
  43. “ #ABK dapat tumbuh menjadi pribadi berkarakter, mandiri, dan diterima masyarakat dengan segala keterbatasannya” #lagiserius
  44. 2 sks ini tadi :)
  45. sekian ah #lagiserius nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar